Tue. Sep 21st, 2021

Lokakarya Madihin

Workshop

Lokakarya Madihin

Madihin merupakan kesenian yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Tradisi penuturan madihin sudah ada sejak masuknya agama Islam ke wilayah Kerajaan Banjar pada tahun 1526 (Antemas, dalam Majalah Warnasari Jakarta, 1981). Madihin dipengaruhi oleh syair dan gendang tradisional dari semenanjung Malaka yang sering dipakai untuk mengiringi irama tradisional Melayu (Seman, 2002; Ideham, 2005). Madihin sangat populer di Kalimantan Selatan. Madihin sering ditampilkan dalam berbagai acara-acara penyambutan tamu, pembukaan seminar, pesta pernikahan, festival, dan lain-lain. Madihin diselenggarakan dengan biaya murah namun selalu meriah. Pertunjukan madihin hanya menggunakan satu gendang rebana besar. Pertunjukan madihin tidak melibatkan banyak orang. Ada madihin tunggal yang menampilkan 1 orang. Ada madihin berpasangan yang menampilkan 2 orang. Ada lagi madihin berkelompok yang menampilkan lebih dari 3 orang. Seorang pemain madihin harus memiliki kepekaan membaca situasi pertunjukan dan kemampuan merangkai kalimat secara spontan. Kesenian madihin di Kalimantan Selatan pada awalnya menjadi media pendidikan masyarakat melalui pepadah atau nasihat-nasihat verbal. Kesenian madihin sangat potensial diajarkan di sekolah-sekolah sebagai media pendidikan.
Lokakarya ini memberikan pengenalan dan pengalaman estetik kesenian Madihin kepada mahasiswa di lingkungan AP2SENI dan Guru Seni Budaya dimana pun berada. Dalam kegiatan lokakarya nanti, peserta akan diberikan pengetahuan mengenai kesenian Madihin beserta pelatihan keterampilan dasar memainkan instrumen Tarbang Madihin dan melantunkan syair Madihin-nya. Berikut salah satu referensi penampilan Madihin yang bisa diapresiasi untuk mengetahui bentuk pertunjukan Madihin.
https://www.youtube.com/watch?v=m-ZhQQ4r6-A (dimainkan tunggal)
https://www.youtube.com/watch?v=fPhY-ETUIhw (dimainkan berpasangan)
https://www.youtube.com/watch?v=LYdhbpasSsQ (dimainkan oleh 3 orang)

Syarat dan Ketentuan Lomba

  1. Mahasiswa yang kampusnya tergabung dalam AP2SENI dan Guru Seni Budaya. Bagi mahasiswa di lingkungan AP2SENI melampirkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) pada saat pendaftaran.
  2. Memiliki instrumen “Tarbang Madihin” atau sejenisnya.
  3. Peserta wajib mengikuti rangkaian lokakarya dari awal hingga akhir yang dilaksanakan via Zoom Meeting.
  4. Peserta yang mengikuti lokakarya Madihin wajib menggunakan format nama berikut dan menggunakan nama asli (bukan nama samaran) dengan format : PESERTA_(Nama asli)_(kampus/instansi)
  5. Peserta menggunakan pakaian yang sopan pada saat mengikuti lokakarya Madihin.
  6. Peserta yang mendapatkan sertifikat hanya bagi peserta yang mengikuti kegiatan lokakarya Madihin dari awal hingga akhir.
  7. Hasil lokakarya semua peserta akan ditampilkan pada Closing Ceremony rangkaian kegiatan Kongres AP2SENI IV 2021.

Waktu Penting!

Pendaftaran peserta dimulai dari tanggal 1 Juli s.d 15 September 2021

Peserta mendaftar dengan mengisi link : bit.ly/Lokakarya_Madihin

Peserta hanya dibatasi 100 orang yang terdiri dari :

  1. Mahasiswa di lingkungan AP2SENI
  2. Guru Seni Budaya

Fasilitas

  1. Materi Lokakarya
  2. E-sertifikat

Waktu Pelaksanaan

Sabtu, 25 September  2021 09.00-16.00 WITA via Zoom Meeting

Narahubung :

Rini Anggraini: 0858-4990-7325

Leave a Reply